Selamat datang di Forum TKJ 1 - Furkoni Wahyu Ardiansyah
Senin, 11 Agustus 2014

Pemrograman Mobile Android

Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini. Maka tidak heran muncul berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku buku android pun laris di beli oleh para calon programer atau mahasiswa. Sayannya, sebagian besar buku dan blog itu tidak mengajarkan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum belajar pemrograman android.



Eclipse
Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Kebanyakan programer java datang dari NetBeans. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja. 

XML
Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. 

Java
Adalah bahasa pemrogramannya android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Anda bisa saja copas code dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal.


SQLite
Android menyimpan data data konfigurasi, data user dan data aplikasi di SQLite. Maka alangkah baiknya anda memplejari syntax SQLitenya terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi android yang memanfaatkan SQLite. Anda bisa membaca tutorial SQLite disini.

JSON
JSON adalah format data yang dipakai untuk mengirim data dari webservice ke android. Anda akan menemui json jika sudah belajar android tingkat lanjut, terutama pemrograman client server. Contohnya misal aplikasi siakad mobile yang terkoneksi ke sistem siakad dengan PHP/MySQL.

Pemahaman JSON dan cara memparsing json juga harus dipelajari. Silahkan cek http://www.json.org/. Cara untuk memparsing JSON bisa anda baca disini.

Google Service
Hampir semua aplikasi bawaan android adalah layanan Google. Dari GMail, Youtube, Google map, Photo, Google+, Contact, Google Drive dan yang paling utama adalah playstore. Bagi pemilik HP android, pastinya sudah familiar dengan produk produk ini, namun bagi yang datang dari Windows phone atau symbian, saya sarankan anda memfamiliarkan dengan teknologi Google.

Setalah paham dan terbiasa, silahkan masuk ke http://developer.google.com untuk melihat Layanan Google untuk developer.  Sebagai contoh, anda ingin menampilkan peta Google maps di android. Maka anda wajib mengunjungi website diatas. Google service untuk developer ini bisa anda pelajari jika anda ingin membangun aplikasi yang terintegrasi dengan Layanan Google.


0 komentar:

Posting Komentar