Selamat datang di Forum TKJ 1 - Furkoni Wahyu Ardiansyah
Selasa, 11 Juni 2013

Tutorial Menginstal Software Aplikasi Inkscpae di LInux dan Membuat Hape di Inkscape



System Requirements           :
Processor        : Pentium Processor
Memory          : 256 MB



  Tutorial Menginstal Aplikasi Inscape di Linux Ubuntu

Pertama-tama, kita harus masuk ke Ubuntu Software Centre dengan koneksi Intermet. Disini kita akan menginstal software aplikasi Inkscape.


Pada bagian pojok kanan atas, ketikkan Inscape untuk mencari aplikasi Inkscape. Maka otomatis akan mencari software aplikasi tersebut. Setelah pencarian selesai, klik More Info lalu klik Install.


Maka kita akan masuk pada halaman Inkscape tersebut. Lalu klik tombol Install pada bagian pojok kanan atas.


Sebelum menginstal, Ubuntu Software Centre akan meminta password user. Masukkan password dan klik Authenticate.


Setelah itu, aplikasi Inkscape akan didownload terlebih dahulu dengan koneksi Internet.


Setelah downloading selesai, maka aplikasi Inkscape otomatis terinstal.



Inilah tampilan Inkscape.


Tutorial Membuat Desain Hape Melalui Inkscape


Masuk software aplikasi Inkscape yang ada di Linux kita.


Setelah masuk Inkscape, buat objek kotak dengan cara mengklik Create Rectangles and Squares dan buat serta tarik hingga menjadi kotak seperti dibawah ini.


Lalu duplikat objek tersebut hingga menjadi 3 buah kotak dengan cara klik Edit lalu klik Duplicate atau juga bisa tekan Ctrl + D.


Dan ubah kotak yang kedua dan ketiga agar ukurannya besar tipis. Dan ganti warna masing-masing agar bisa dibedakan. Contohnya kotak 1 berwarna hitam, kotak 2 berwarna putih abu-abu, kotak 3 berwarna hitam keputihan.


Lalu gabungkan kotak 3 kedalam kotak 2 dengan cara klik Object à Align and Distribute atau dengan cara tekan Shift + Ctrl + A.


Lalu ganti Relative To menjadi Fisrt Selected.


Berikan efek pada kotak 2 (yang berwarna putih ke abu-abuan). Berikan efek Blur dengan cara Fill and Stroke dan Blur objek tersebut menjadi 1,4 dan Opacity nya jadikan 90,9 agar ketajaman kotak lebih tersamar.



Setelah kita jadikan satu dengan Align and Distribute maka hasilnya seperti ini.


Kemudian kita jadikan satu pada kotak 1 kedalam objek kotak 2 dan 3. Maka hasilnya seperti ini.

Lalu buat kotak lagi sebagai layar untuk Hape-nya dengan cara pada No. 2 diatas. Lalu letakkan pada tengah-tengah hape supaya terlihat seperti layar pada hape. Dan ubah warnanya mejadi putih seperti layar Hape.


Kemudian buat kotak yang mempunyai sudut melengkung karena kita akan membuat speaker depan untuk Hape kita. Yaitu buat kotak 1 buah kecil. Lalu buat lengkungan sesuai keinginan kita beri warna hitam ke abu-abu an.


Gandakan objek tersebut untuk objek kedua.

Dan klik Create Circles, Elipses and arcs yang ada pada dibawah Create Rectangles and Squares. Buat bulatan yang kecil saja. Dan beri warna putih ke abu-abu an dan kecilkan sedikit pada objek kotak kedua.

Klik bulatan kecil tersebut lalu klik Edit & Clone & Create Tiled Clones. Untuk membuat bulatan kecil tersebut berderetan. Kemudian jadikan 1 baris 10 kolom pada Rows, Columns.

Pada tab Shift pilih Shift X, Per Column menjadi 30 karena kita akann membuat celah pada tipa bulatan, jika kita tidak memberi ini, maka bulatan kita akan menjadi satu berdempetan. Lalu tekan Create.

Maka hasilnya seperti berikut.

Bulatan kecil tersebut masih terpisah, jadikan satu dengan cara blok semua bulatan dan tekan Ctrl + G untuk menggabungkan dengan cara meng-Grup atau menjadikan satu objek. Kemudian jadikan bulatan-bulatan yang jadi satu taruh di objek kedua (yang berwarna putih ke abu-abuan). Maka hasilnya seperti ini.


Lalu jadikan objek 1 (berwarna hitam) gabung ke objek 2 yang ada bulatannya seperti ini hasilnya.


Jadikan satu objek dengan cara Ctrl + G dan kecilkan sedikit biar ramping dan taruh pada atas layar putih. Maka hasilnya seperti ini.

Kemudian buat bulatan dan kotak yang sudutnya di lenkungkan sedikit. Masing-masing objek gandakan beri warna supaya mudah untuk dibedakan dan beri efek jika diinginkan.

Objek kotak tersebut jadikan satu dengan cara pada No. 5. Hingga hasilnya seperti ini.

Objek bundar juga jadikan satu dengan cara diatas melalui No. 5.


Jadikan satu juga kedua objek (kotak dan bundar) menjadi satu. Jadi kotak tersebut ditengah-tengah bundar dengan cara pada No. 5.



Atur posisi sebagus mungkin dibawah layar putih. Contohnya seperti ini.


Gandakan objek berwarna hitam pada hape lalu klik Draw Bezier Curves anda Straight Lines atau tekan tombol Shift + F6.

Lalu buat dan atur untuk pencahayaan disamping kanan Hape.

Dan jadikan atau buat/berikan gradient pada objek untuk pencahayaan dan atur sesuai keinginan kita seperti ini.


Masukkan objek pencahayaannya kedalam samping Hape agar lebih ramping saat dilihat.


Import gambar dari file di PC kita yang akan digunakan sebagai wallpaper Hape. Lakukan dengan cara yaitu : Klik File à Import atau Ctrl + I lalu pilih file yang diinginkan, contohnya seperti ini. Lalu atur posisi gambar tersebut tepat menutupi kotak warna putih yang ada di tengah-tengah Hape.




Lalu buat kotak lagi dan berikan gradient pada kotak tersebut. Dengan cara yang ada diatas. Atur posisi di bawah wallpaper untuk kita jadikan sebagai tempat tombol. Contohnya seperti ini.


Gandakan kotak yang sudah di-gradient tersebut dan atur pada atas wallpaper tersebut. Kemudian Create and Edit Text Objects kemudian buat kata “Contact” dan “Menu” untuk dijadikan tombol di bawah wallpaper.

Posisikan kurang lebihnya seperti ini.

Buat kotak sebagai baterai pada Hape. Caranya adalah buat kotak berbentuk persegi panjang lalu beri warna supaya terlihat hidup, kemudian gandakan lalu kecilkan membuat kotak dan taruh tepat pada depan kotak yang persegi panjang tadi lalu jadikan satu dengan cara Ctrl + G.

Kemudian buat kotak lagi yang berbentuk persegi panjang menghadap keatas. Dan beri warna yang kita inginkan contohnya saya beri warna hijau muda. Kemudian buat Clone untuk dijadikan isi dalam baterai yang tadi kita buat. Dan masukkan angka 4 dalam Rows, Columns tekan Create. 

Kemudian jadikan satu dengan cara Ctrl + G.

Kecilkan, lalu masukkan pada baterai yang kita buat tadi. Atur supaya terlihat seperti nyata. Jadikan satu lagi dengan cara Ctrl + G.

Atur dan letakkan posisi baterai pada pojok kanan atas.

Kemudian berikan efek Blur supaya terlihat lebih nyata dengan cara Shift + Ctrl + F. Dan berikan angka lima pada  Blur.

Kemudian buat lagi untuk kotak yang sama berbentuk persegi panjang dan buat Clone sebanyak 4 buah. Berikan warna yang kita inginkan contohnya warna putih. Kemudian atur tingginya dari atas kebawah untuk membentuk Sinyal.


Aturkan Sinyal tersebut dan posisikan di pojok kiri atas. Kemudian buat tulisan untuk merek Hape-nya. Buat dengan cara klik Create and Edit Text Objects kemudian buat teks yaitu “ I Phone” .

Posisikan tulisan I Phone diatas wallpaper kita. Seperti dibawah ini hasilnya.


Gambar yang kita buat sudah selesai. Maka simpan hasil jadinya berupa format file gambar. Dengan cara klik Export & Export Bitmap atau dengan cara Shift + Ctrl +E.

Lalu berikan nama untuk filenya pada Filename.

Kemudian klik Export untuk menyimpan gambarnya.

Jika kita ingin menyimpan Project-nya atau Lembar kerja kita, klik File -> Save atau dengan cara Ctrl + S.


Beri nama file .svg. Contohnya Hape.svg lalu klik Save.


Dan inilah objek yang kita buat. Dan hasil gambarnya adalah ini.


Download Laporan/Tutorial Ini Disini
Download Project dan Hasil-nya Disini

0 komentar:

Posting Komentar