Selamat datang di Forum TKJ 1 - Furkoni Wahyu Ardiansyah
Kamis, 06 Juni 2013

Tutorial Menginstal Aplikasi AAA LOGO dan Membuat Logo "Alianware" di Windows



System Reqrutiments :
Operating System                  : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8
Memory                                  : 512 MB
CPU                                        : Pentium processor minimum
Free hard drive space           : 50 MB





Tutorial Menginstal Aplikasi AAA LOGO di Windows

  • Setelah kita memiliki installer AAA Logo, maka klik Setup.
  • Maka akan muncul “Welcome to the AAA Logo 3.10 Business Setup Wizard”. Ada tulisan “3.10” adalah versi dari AAA Logo yang saya gunakan. Lalu klik Next untuk melanjutkan instalasi.



  • Setelah meng-klik Next, maka kita diharuskan menyetujui persyaratan saat instalasi. Klik “I accept the agreement” dan Next untuk melanjutkan instalasi.


  • Setelah itu, kita akan menentukan letak dimana software AAA Logo akan di instal. Contoh : C:/Program Files/AAALogo2010. Perlu diketahui, bahwa software ini membutuhkan ruang kosong sebesar 11 MB untuk instalasi. Lalu klik Next untuk melanjutkan instalasi.


  • Dan kita juga akan diharuskan memberi nama folder untuk software ini di Start Menu. Jadi, jika kita ingin memulai aplikasi ini, maka kita harus mencari nama folder software aplikasi ini. Contoh : saya akan menamai folder ini dengan nama : AAA Logo 2010. Setelah menamai, klik Next untuk melanjutkan instalasinya.


  • Setelah semua selesai, kita akan diperlihatkan perincian proses instalasi yang sebelumnya kita tentukan. Klik Instal untuk melanjutkan instalasi.


  • Proses penginstalan akan terlihat setelah di klik Instal.


  • Setalah proses penginstalan selesai, maka klik Finish. Dan ada kotak centang “Launch AAA Logo 2010” jika mencentang, maka ketika kita meng-klik Finish otomatis aplikasi ini terbuka. Jika kita tidak mencentang, maka aplikasi ini tidak terbuka secara otomatis.


  • Sebelum kita menjalankan aplikasi ini, kita harus mengisi Serial Number untuk AAA Logo 2010 tersebut. Isikan mulai dari nama hingga tempat tinggal kita dan Serial Number-nya. Jika kita tidak mengisi ini, maka aplikasi AAA Logo 2010 ini menjadi “Trial” atau percobaan dan tidak “Full Version”. Efeknya jika tidak Full Version adalah kita tidak bisa menyimpan hasil logo yang kita buat, baik gambar maupun lembar kerjanya. Contoh pengisian nya : Lalu centang “I have read and agree with above paragrap” untuk melanjutkan aplikasi.


  • Inilah hasil dari instalasi software aplikasi AAA Logo 3.1 2010 dan saat memulai aplikasinya.


Tutorial Membuat Logo “Alienware” di AAA LOGO


Pertama-tama, software aplikasi ini digunakan untuk membuat logo. Meskipun hasilnya tidak sebagus dari software aplikasi lain, aplikasi ini lebih mudah dalam pembuatannya. Jika kita mempunyai jiwa seni yang bagus, maka hasil logo yang kita buat juga akan bagus hasilnya. Inilah tutorial yang saya buat untuk membuat logo Alienware.
    Setelah membuka aplikasi AAA Logo, klik “Object” dan klik “New Image” atau dengan menekan tombol keyboard Ctrl + I untuk mengambil image (gambar yang tersedia di AAA Logo seperti : Shape, Icon, Nature, Animals dll).


    Klik “Ok” memuat gambar tersebut (berbentuk kotak/persegi pada awalan meng-klik New Image). Penjelasannya, kita bisa mengganti bentuk gambar atau logo yang kita inginkan nantinya. Cara ini (New Image) hanya untuk memuat atau mengambil gambar atau logo.

    Lalu klik “Shape” untuk mengubah bentuk gambar atau logo yang ada. Tersedia banyak varian bentuk gambar atau logo. Klik “Next Page” untuk mengganti halaman shape berikutnya dan “Previous Page” untuk mengganti halaman shape sebelumnya.  Klik gambar atau logo yang diiginkan, lalu klik Ok. Contoh, saya mengubah menjadi gambar ini.

    Maka hasilnya akan terlihat lebih jelas pada lembar kerja-nya. Klik dan tahan ke arah kiri untuk memperbesar ukuran. Klik dan tahan ke arah kanan untuk memperkecil ukuran. Hal ini dilakukan pada tempat yang ada pada tanda panah.
    Maka hasilnya akan terlihat pada objek di sebelah kanan. Dan objek tersebut akan bertambah besar karena objek-nya saya besarkan.

    Lalu saya akan memberi garis pada objek tersebut. Dengan cara pilih Effect lalu centang “Has Outline” untuk memberi garis pada objek, lalu jika ingin mengganti warna dengan klik pada bagian “Kotak Warna”.

    Maka hasilnya akan terlihat dengan adanya garis warna abu-abu.


    Kemudian ambil gambar/logo lagi pada shapes. Dengan cara yang diatas (Ctrl + I) lalu klik shapes dan cari shape yang diinginkan. Contohnya saya akan mengambil shape Alien.


    Lalu pilih warna dengan cara klik Colors dan pilih warna sesukanya contohnya warna putih.


    Kita akan perbesar shape tersebut dengan cara No. 4. Kemudian posisikan shape tersebut keposisi tengah-tengah pada shape yang sebelumnya.


    Berikan efek ketajaman pada shape Alien supaya lebih cantik dan tajam untuk dilihat. Dengan cara klik Gradient lalu pilih warna untuk di samarkan. Untuk warna yang diatas adalah warna pertama, dan dibawah untuk pilihan warna kedua. Saya pilih yang pertama adalah hitam dan kedua putih. Maka hasilnya pada ujung kepala Alien akan ada warna hitam tersamar-samar.


    Lalu Gradient Angel saya ubah menjadi 0 derajat supaya warna Gradient berpindah kesamping. Karena fungsinya ini adalah mengubah posisi gradient.


    Lalu saya tambahkan shape lagi dengan cara Ctrl + I dan ganti shape-nya sesuai keinginan kita. Sebagai contoh saya mengambil shape seperti bulu. Dan klik Ok.


    Maka akan muncul pada tengah-tengah objek.


    Jika kita ingin mengubah derajat benda / memutar benda, maka klik Image lalu pilih Rotation Angel dan atur sesuai keinginan saya setting 125 derajat. Setelah selesai maka posisikan pada bagian mana benda tersebut diletakkan. Saya akan meletakkan benda tersebut disamping bawah shape Alien.




    Setelah selesai mengatur objek, saya akan menggandakan objek tersebut menjadi dua dengan cara klik Object à Duplicate Object atau tekan Ctrl + D pada objeknya.


    Maka hasilnya seperti ini.



    Ubah posisi objek dengan meng-klik pada Flip Object dari No Flipping menjadi Flip Horizontal. Lalu ubah rotasi objek yang telah diduplikat tadi supaya menjadi sama dan saya ganti menjadi 230 derajat.


    Posisikan objek tersebut itu sama yaitu disamping bawah shape Alien agar sama. Kemuadian tekan Ctrl + I untuk mengambil shape lagi untuk aksesoris pada logo yang kita  buat dan pilih shape sesuai keinginan kita. Setelah dipilih, klik Ok.

    Besarkan shape tersebut dengan cara pada No. 4 lalu atur Rotation Angel supaya agar shape tersebut berputar dan kita sesuaikan dengan posisi yang kita inginkan. Contohnya seperti dibawah ini.


    Kemudian gandakan objek tersebut.


    Gandakan dengan cara menekan Ctrl + D lalu klik Image ganti Flip Object-nya ganti menjadi Flip Horizontal. Dan Rotation Angelnya di ganti menjadi 223 derajat atau sesuai keinginan kita lalu klik Ok.


    Tajamkan objek-objek pada logo yyang kita buat dengan Gradient. Contohnya kita akan memberi warna hitam pada ujung bawah shape bulu. Caranya klik Gradient, centang Gradient Overlay dan pilih kotak warna kedua dan ubah menjadi hitam karena kita akan memberi warna hitam samar di bawahnya yang diatasnya tadi berwarna putih.


    Klik shape bulu yang kedua dan lakukan yang sama caranya sama dengan No. 23.

    Kemudian klik pada objek yang ada pada kedua samping logo seperti di bawah ini. Berikan efek Gradient lalu berikan warna hitam pada kotak warna pertama. Setelah itu, lihat pada kotak warna kedua dan jadikan Oppacity warna menjadi 0. Fungsinya adalah tidak menampilkan warna putih pada objek tersebut karena Oppacity digunakan untuk menajamkan suatu gradient objek.


    Lakukan cara yang sama pada objek yang sama dengan objek ini. Lakukan dengan cara pada No. 25.



    Karena saat membuat Logo, pastinya kita akan membutuhkan suatu teks untuk memberikan informasi tentang Logo yang kita buat. Maka klik Object lalu klik New Teks atau juga bisa menekan tombol Ctrl + T.


    Masukkan teks pada Teks Aline contohnya saya memasukkan tulisan “ALIANWARE” dan pilih jenis tulisan sesuai keinginan kita. Contohnya saya akan memilih font Good Times. Lalu klik Ok.


    Berikan warna yang kita inginkan contohnya saya ubah menjadi warna putih, dengan cara klik Colors. Dan posisikan tulisan tersebut sesuai yang kita inginkan. Contohnya saya meletakkan di atas shape Alien.


    Kemudian berikan teks jika ingin dengan cara Ctrl + T dan edit sesuai yang kita inginkan. Saya akan memberikan teks “The Best Technology” dan pilih jenis font seperti Heml Head. Klik Ok.


    Klik Effects. Centang Has Outline dan Has Shadows untuk memberikan efek garis dan bayangan.


    Saya akan ganti warna garis, dengan cara mengkilik kotak warna dan pilih warna yang kita inginkan contohnya abu-abu. Maka hasilnya seperti ini karena setelah kita beri garis dan bayangan.


    Lalu jika kita ingin menampakkan shadow-nya kita hanya mengganti Show Distance-nya dari angka default menjadi angka menambah. Contohnya seperti ini.


    Jika kita ingin menyimpan gambar logo, maka klik File, klik Save Logo Image.


    Klik Continue untuk menjadikan gambar logo ber-ekstensi JPEG, jika ingin mengganti, maka klik dan pilih format pada Save Image.


    Berikan nama pada logo dan klik Save.


    Jika kita ingin menyimpan projek atau lembar kerja kita yaitu caranya, klik File dan klik Save Project.


    Beri nama pada nama projek atau lembar kerja dan klik Save. Otomatis, file tersebut ber-ekstensi .a18. Ekstensi tersebut merupakan ekstensi default menyimpan lembar kerja dari AAA Logo.


    Download Laporan/Tutorial Ini Disini
    Download Project-nya Disini

    2 komentar: